MODUL AJAR TEKS PROSEDUR
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Selong
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi :
Teks Prosedur
Kelas/Semester :
7/1 (satu) Tahun Peserta didikan : 2022/2023
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (3 x 40 menit)
Mata Pelajaran |
Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester |
7/1 SMP |
FASE |
D |
Elemen |
Berbicara dan Mempresentasikan |
Alokasi Waktu |
2 x 40 menit (1 kali pertemuan ) |
Profil
Pancasila |
1. Gotong Royong 2. Kreatif 3. Beriman,
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia 4. Bernalar Kritis. |
Model Pembelajaran |
Luring/tatap muka |
Metode dan Strategi Pembelajaran |
Diskusi : berdiskusi dalam kelompok menggali informasi dari teks
Mengevaluasi : hubungan suatu teks dengan kehidupan sosial Mempresentasikan :
jawaban dan hasil karya |
Perangkat ajar ini dapat
digunakan guru untuk mengajar: |
Peserta didik regular |
Tujuan
pembelajaran |
7.4.2 Peserta didik mampu mengevaluasi ketepatan bahasa yang dipakai
dalam teks prosedur yang disimak. |
Konsep
utama yang akan dipelajari dan pertanyaan Inti |
Peserta didik mampu
menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan
pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam
bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu
menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna denotatif,
konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta
didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam
berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif,
efektif, dan santun. |
|
Peserta didik
mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan,
dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks
multimoda. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai
topik aktual secara kritis. Pertanyaan
Inti: 1.
Apakah teks prosedur itu? Bagaimana contohnya
dalam keseharian? 2.
Apakah ciri-ciri teks prosedur? 3.
Bagaimana membuat teks prosedur yang baik dan menarik? |
Kegiatan Pembelajaran |
Pertemuan (80
menit) Apersepsi 1.
Guru menyapa peserta didik dengan ucapan salam 2.
Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa bersama sebelum mengawali kegiatan
pembelajaran 3.
Guru mengecek kehadiran dan
mengondisikan peserta didik agar siap belajar. 4.
Peserta didik bersama guru
mengulas kembali inti materi pembelajaran sebelumnya dan menyampaikan
keterkaitannya dengan materi yang akan diajarkan. 5.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran, indikator, teknis asesemen, dan materi yang akan diajarkan
bahwa kegiatan pembelajaran adalah mengevalusi
ketepatan bahasa yang dipakai di dalam teks prosedur yang didengar. 6.
Guru membagikan lembar kerja kepada peserta didik. Kegiatan
Inti 1. Guru
menyiapkan 1 video teks prosedur yang dianggap sesuai untuk pembelajaran. |
|
2.
Peserta didik menyimak video teks prosedur. 3.
Peserta didik mengevaluasi
ketepatan penggunaan kata melalui lembar kerja yang telah disediakan oleh guru. 4.
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja di
depan kelas. 5.
Ketika salah satu selesai
mempresentasikan hasil, peserta didik lainnya memberikan tanggapan berupa
persetujuan atau sanggahan. 6.
Guru memberikan pembahasan terhadap hasil evaluasi terhadap penggunaan bahasa di dalam teks
prosedur yang telah diperdengarkan. Kegiatan Penutup 1.
Guru dan siswa membuat simpulan hasil pembelajaran. 2.
Peserta didik dan guru merefleksi pelaksanaan pembelajaran. 3.
Guru menyampaikan informasi bahwa
pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan teks formatif dalam bentuk pilihan
ganda dan uraian tentang materi teks prosedur. (kisi- kisi dibagikan melalui
grup whatsapp kelas) 4.
Guru menutup pembelajaran dengan
bersyukur melalui doa dan mengucapkan salam. |
Refleksi |
GURU : 1.
Apakah peserta didik kesulitan
kaidah bahasa yang benar pada teks prosedur? Bagaimana cara guru mengatasinya
agar anak maksimal pada pertemuan berikutnya? 2.
Apakah terdapat peserta didik
yang tidak fokus dalam pembelajaran? Bagaimana cara guru mengatasinya agar
lebih menarik? PESERTA DIDIK 1.
Manfaat apa yang kamu dapat dari materi ini? 2.
Kesulitan apa yang kamu rasakan selama pembelajaran? 3.
Bagaimana cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan
kemampuanmu pada pembelajaran berikutnya? REMEDIAL/ PENGAYAAN Apabila kriteria untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran tidak tercapai, maka bagi peserta didik yang belum/tidak
memahami dapat diberi kegiatan remedial sebagai berikut: . tambahan waktu bagi peserta
didik yang membutuhkan penjelasan lebih untuk dijelaskan guru, dan; . penambahan waktu untuk diskusi
dan peserta didik diminta untuk presentasi hasil diskusi untuk menyamakan persepsi. |
|
Bagi peserta didik yang memiliki bakat dan potensi
di atas rata-rata, guru dapat memberikan kepercayaan kepada peserta didik
yang berbakat untuk memandu kelompok. Kriteria
untuk mengukur ketercapaian Tujuan Pembelajaran: 1.
Peserta didik mampu memahami
struktur teks prosedural dan mampu
menyusun teks prosedural komples keteks prosedural sederhana. 2.
Peserta didik mampu menelaah
kaidah bahasa yang benar pada teks prosedur. 3.
Peserta didik mampu mempresentasikan penggunaan kaidah kebahasaan pada teks
prosedur. |
Sarana
dan Prasarana |
Komputer, Jaringan Internet, dan LCD |
Materi Ajar , Alat dan Bahan |
Belajar menggunakan kaidah
bahasa yang benar pada teks prosedur, Buku BI Kurikulum Merdeka,
Video teks prosedur, sumber : You Tube. |
Daftar Pustaka |
●
Rakhma Subarna, dkk. 2021. Bahasa
Indonesia Buku Siswa SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik
Indonesia. |
Lampiran I
Penilaian Sikap -
Jurnal
No. |
Nama Peserta Didik |
Indikator Sikap/ Skor 1 - 4 |
Total Skor |
Rerata Nilai |
Predikat |
||
Disiplin |
Tanggung Jawab |
Santun |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
15 |
|
|
|
|
|
|
|
16 |
|
|
|
|
|
|
|
17 |
|
|
|
|
|
|
|
18 |
|
|
|
|
|
|
|
19 |
|
|
|
|
|
|
|
20 |
|
|
|
|
|
|
|
21 |
|
|
|
|
|
|
|
22 |
|
|
|
|
|
|
|
23 |
|
|
|
|
|
|
|
24 |
|
|
|
|
|
|
|
25 |
|
|
|
|
|
|
|
26 |
|
|
|
|
|
|
|
27 |
|
|
|
|
|
|
|
28 |
|
|
|
|
|
|
|
29 |
|
|
|
|
|
|
|
30 |
|
|
|
|
|
|
|
31 |
|
|
|
|
|
|
|
32 |
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Sangat baik (4)
= A
2.
Baik (3) = B
3.
Cukup baik (2)
= C
4.
Kurang
baik (1) = D
Lampiran II
Lembar Kerja Peserta
Didik
Nama :
.................................................... Kelas : VII ...
No.
Presensi : .................................................... Hari, tanggal............ ,
....................
Tugas:
Bacalah teks prosedur
di bawah ini
Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar
Setiap orang harus memerhatikan dan menjaga kebersihan,
baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan
diri tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana seperti
mencuci tangan. Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan
benar? Berikut adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar.
1.
Basahi tangan hingga pergelangan dengan air yang
mengalir, lalu tuangkan sabun ke telapak tangan, dua sampai tiga tetes.
2.
Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan
gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan
lakukan secara bergantian.
3.
Kemudian, gosok punggung tangan dan sela-sela jari
tangan kiri dengan tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.
4.
Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan
menyelipkan jari pada masing-masing ruas jari.
5.
Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di
atas hingga jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci, lalu gosoklah
secara perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.
6.
Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan
memutar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari tangan sebelah kanan.
7.
Gosokkan telapak tangan kiri dengan gerakan memutar
ujung jari-jari tangan kanan begitu juga sebaliknya.
8.
Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir
hingga busa hilang.
Dengan sedikit peduli mencuci tangan secara benar kita
akan terhindar dari penyakit. Selamat menyongsong hidup sehat!
Tentukan
Struktur
teks Prosedural yang
berjudul “Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar”!
Struktur Teks prosedural |
Kalimat |
Tujuan |
|
Alat/bahan |
|
Langkah-langkah |
|
penutup |
|
Lampiran III
Rubrik Penilaian
No. |
Aspek |
Kriteria
Skor |
Skor |
1 |
Unsur Teks Tujuan |
Peserta
didik menentukan unsur tujuan teks
prosedur dengan tepat |
3 |
Peserta
didik menentukan unsur tujuan teks
prosedur dengan kurang tepat |
2 |
||
Peserta didik menentukan unsur tujuan teks prosedur dengan tidak tepat |
1 |
||
2 |
Unsur alat/bahan |
Peserta didik menentukan unsur alat/bahan tekas prosedur dengan
tepat |
3 |
Peserta didik menentukan unsur alat/bahan tekas prosedur dengan kurang tepat |
2 |
||
Peserta didik menentukan unsur alat/bahan tekas prosedur dengan
tidak tepat |
1 |
||
3 |
Unsur langkah- langkah |
Peserta
didik menentukan unsur langkah teks
sprosedur dengan tepat |
3 |
Peserta didik menentukan unsur langkah teks sprosedur dengan kurang tepat |
2 |
||
Peserta
didik menentukan unsur langkah teks
sprosedur dengan tidak tepat |
1 |
||
4 |
Unsur penutup |
Peserta
didik menentukan unsur penutup teks
prosedur dengan tepat |
3 |
Peserta
didik menentukan unsur penutup teks
prosedur dengan kurang tepat |
2 |
||
Peserta didik menentukan unsur penutup teks prosedur dengan tidak tepat |
1 |
Keterangan:
Skor
maksimal = 18
𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑠𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙
Komentar
Posting Komentar