Langsung ke konten utama

Contoh Modul Ajar Teks Prosedur (PPG Prajabatan 2022)

 

MODUL AJAR TEKS PROSEDUR

 

Nama Sekolah                   : SMP Negeri 1 Selong

Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia

Materi                                : Teks Prosedur

Kelas/Semester                  : 7/1 (satu) Tahun Peserta didikan                 : 2022/2023

Alokasi Waktu                  : 1 x pertemuan (3 x 40 menit)

 

Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia

Kelas/Semester

7/1 SMP

FASE

D

Elemen

Berbicara dan Mempresentasikan

Alokasi Waktu

2 x 40 menit (1 kali pertemuan )

Profil Pancasila

1.      Gotong Royong

2.      Kreatif

3.      Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

4.      Bernalar Kritis.

Model Pembelajaran

Luring/tatap muka

Metode dan Strategi Pembelajaran

Diskusi : berdiskusi dalam kelompok menggali informasi dari teks Mengevaluasi : hubungan suatu teks dengan kehidupan sosial Mempresentasikan : jawaban dan hasil karya

Perangkat ajar ini dapat digunakan guru untuk mengajar:

 

Peserta didik regular

Tujuan pembelajaran

7.4.2 Peserta didik mampu mengevaluasi ketepatan bahasa yang dipakai dalam teks prosedur yang disimak.

Konsep utama yang akan dipelajari dan pertanyaan Inti

Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk berbicara dan menyajikan gagasannya. Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif, dan santun.


 

Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis.

Pertanyaan Inti:

1.         Apakah teks prosedur itu? Bagaimana contohnya dalam keseharian?

2.         Apakah ciri-ciri teks prosedur?

3.         Bagaimana membuat teks prosedur yang baik dan menarik?

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan (80 menit)

Apersepsi

1.        Guru menyapa peserta didik dengan ucapan salam

2.        Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum mengawali kegiatan pembelajaran

3.        Guru mengecek kehadiran dan mengondisikan peserta didik agar siap belajar.

4.        Peserta didik bersama guru mengulas kembali inti materi pembelajaran sebelumnya dan menyampaikan keterkaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

5.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, indikator, teknis asesemen, dan materi yang akan diajarkan bahwa kegiatan pembelajaran adalah mengevalusi ketepatan bahasa yang dipakai di dalam teks prosedur yang didengar.

6.        Guru membagikan lembar kerja kepada peserta didik.

 

Kegiatan Inti

1. Guru menyiapkan 1 video teks prosedur yang dianggap sesuai untuk pembelajaran.


 

2.        Peserta didik menyimak video teks prosedur.

3.        Peserta didik mengevaluasi ketepatan penggunaan kata melalui lembar kerja yang telah disediakan oleh guru.

4.        Peserta didik mempresentasikan hasil kerja di depan kelas.

5.        Ketika salah satu selesai mempresentasikan hasil, peserta didik lainnya memberikan tanggapan berupa persetujuan atau sanggahan.

6.        Guru    memberikan    pembahasan    terhadap   hasil    evaluasi    terhadap penggunaan bahasa di dalam teks prosedur yang telah diperdengarkan.

 

Kegiatan Penutup

1.        Guru dan siswa membuat simpulan hasil pembelajaran.

2.        Peserta didik dan guru merefleksi pelaksanaan pembelajaran.

3.        Guru menyampaikan informasi bahwa pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan teks formatif dalam bentuk pilihan ganda dan uraian tentang materi teks prosedur. (kisi- kisi dibagikan melalui grup whatsapp kelas)

4.        Guru menutup pembelajaran dengan bersyukur melalui doa dan mengucapkan salam.

Refleksi

GURU :

1.  Apakah peserta didik kesulitan kaidah bahasa yang benar pada teks prosedur? Bagaimana cara guru mengatasinya agar anak maksimal pada pertemuan berikutnya?

2.  Apakah terdapat peserta didik yang tidak fokus dalam pembelajaran? Bagaimana cara guru mengatasinya agar lebih menarik?

 

PESERTA DIDIK

1.    Manfaat apa yang kamu dapat dari materi ini?

2.     Kesulitan apa yang kamu rasakan selama pembelajaran?

3.     Bagaimana    cara    yang    bisa    kamu    lakukan    untuk    meningkatkan kemampuanmu pada pembelajaran berikutnya?

 

REMEDIAL/ PENGAYAAN

Apabila kriteria untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran tidak tercapai, maka bagi peserta didik yang belum/tidak memahami dapat diberi kegiatan remedial sebagai berikut:

. tambahan waktu bagi peserta didik yang membutuhkan penjelasan lebih untuk dijelaskan guru, dan;

. penambahan waktu untuk diskusi dan peserta didik diminta untuk presentasi hasil diskusi untuk menyamakan persepsi.


 

Bagi peserta didik yang memiliki bakat dan potensi di atas rata-rata, guru dapat memberikan kepercayaan kepada peserta didik yang berbakat untuk memandu kelompok.

 

Kriteria untuk mengukur ketercapaian Tujuan Pembelajaran:

1.        Peserta didik mampu memahami struktur teks prosedural dan mampu menyusun teks prosedural komples keteks prosedural sederhana.

2.        Peserta didik mampu menelaah kaidah bahasa yang benar pada teks prosedur.

3.        Peserta didik mampu mempresentasikan penggunaan kaidah

kebahasaan pada teks prosedur.

Sarana dan Prasarana

Komputer, Jaringan Internet, dan LCD

Materi Ajar , Alat dan Bahan

Belajar menggunakan kaidah bahasa yang benar pada teks prosedur, Buku

BI Kurikulum Merdeka, Video teks prosedur, sumber : You Tube.

Daftar Pustaka

        Rakhma Subarna, dkk. 2021. Bahasa Indonesia Buku Siswa SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan

Teknologi Republik Indonesia.


Lampiran I

 

Penilaian Sikap - Jurnal

 

 

No.

 

Nama Peserta Didik

Indikator Sikap/ Skor 1 - 4

 

Total Skor

 

Rerata Nilai

 

Predikat

Disiplin

Tanggung Jawab

Santun

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

14

 

 

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

 

 

17

 

 

 

 

 

 

 

18

 

 

 

 

 

 

 

19

 

 

 

 

 

 

 

20

 

 

 

 

 

 

 


21

 

 

 

 

 

 

 

22

 

 

 

 

 

 

 

23

 

 

 

 

 

 

 

24

 

 

 

 

 

 

 

25

 

 

 

 

 

 

 

26

 

 

 

 

 

 

 

27

 

 

 

 

 

 

 

28

 

 

 

 

 

 

 

29

 

 

 

 

 

 

 

30

 

 

 

 

 

 

 

31

 

 

 

 

 

 

 

32

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

1.  Sangat baik            (4) = A

2.  Baik                        (3) = B

3.  Cukup baik             (2) = C

4.  Kurang baik            (1) = D


Lampiran II

 

Lembar Kerja Peserta Didik

 

Nama             : ....................................................                  Kelas              : VII ...

No. Presensi : ....................................................                  Hari, tanggal............ ,

....................

 

Tugas:

Bacalah teks prosedur di bawah ini

 

Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

 

Setiap orang harus memerhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana seperti mencuci tangan. Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar.

1.     Basahi tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir, lalu tuangkan sabun ke telapak tangan, dua sampai tiga tetes.

2.     Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan secara bergantian.

3.     Kemudian, gosok punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.

4.     Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari pada masing-masing ruas jari.

5.     Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di atas hingga jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci, lalu gosoklah secara perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.

6.     Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan memutar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari tangan sebelah kanan.

7.     Gosokkan telapak tangan kiri dengan gerakan memutar ujung jari-jari tangan kanan begitu juga sebaliknya.

8.     Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang.

 

Dengan sedikit peduli mencuci tangan secara benar kita akan terhindar dari penyakit. Selamat menyongsong hidup sehat!


 

 

Tentukan Struktur teks Prosedural yang berjudul “Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar”!

 

Struktur Teks prosedural

Kalimat

Tujuan

 

Alat/bahan

 

Langkah-langkah

 

penutup

 


Lampiran III

 

Rubrik Penilaian

 

No.

Aspek

Kriteria Skor

Skor

 

 

1

 

Unsur Teks Tujuan

Peserta didik menentukan unsur tujuan teks prosedur dengan tepat

3

Peserta didik menentukan unsur tujuan teks prosedur dengan kurang tepat

2

Peserta didik menentukan unsur tujuan teks prosedur dengan

tidak tepat

1

 

 

2

 

Unsur alat/bahan

Peserta didik menentukan unsur alat/bahan tekas prosedur

dengan tepat

3

Peserta didik menentukan unsur alat/bahan tekas prosedur

dengan kurang tepat

2

Peserta didik menentukan unsur alat/bahan tekas prosedur

dengan tidak tepat

1

 

 

3

 

Unsur langkah- langkah

Peserta didik menentukan unsur langkah teks sprosedur dengan tepat

3

Peserta didik menentukan unsur langkah teks sprosedur dengan

kurang tepat

2

Peserta didik menentukan unsur langkah teks sprosedur dengan tidak tepat

1

 

 

4

 

 

Unsur penutup

Peserta didik menentukan unsur penutup teks prosedur dengan tepat

3

Peserta didik menentukan unsur penutup teks prosedur dengan kurang tepat

2

Peserta didik menentukan unsur penutup teks prosedur dengan

tidak tepat

1

Keterangan:

Skor maksimal          = 18

Nilai                              = 𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑠𝑘𝑜𝑟 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑑𝑖𝑝𝑒𝑟𝑜𝑙𝑒ℎ 𝑥 100 %

𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎 𝑠𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUANG KOLABORASI Topik 3 Prinsip pengajaran dan Asesmen- PPG Prajabatan angkatan 1 2022

  HASIL DISKUSI RUANG KOLABORASI KELOMPOK PPL SMPN 1 SELONG 1.       Komponen Modul Ajar Informasi Umum •   Identitas penulis modul •   Kompetensi awal •   Profil Pelajar Pancasila •   Sarana dan prasarana •   Target peserta didik •   Model pembelajaran yang digunakan Komponen Inti   •   Tujuan pembelajaran   •   Asesmen •   Pemahaman bermakna •   Pertanyaan pemantik •   Kegiatan pembelajaran •   Refleksi peserta didik dan pendidik Lampiran   •   Lembar kerja peserta didik •   Pengayaan dan remedial •   Bahan bacaan pendidik dan peserta didik •   Glossarium   •   Daftar pustaka 2.       Guru harus menyesuaikan proses pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik dengan tujuan untuk: a.        Mendapat gambaran yang lengkap tentang kemampuan awal siswa sebagai landasan untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang optimal. b.       Mengetahui jenis pengalaman yan

Rancangan Aksi Nyata Topik 3 Asesmen - PPG Prajabatan

RANCANGAN AKSI NYATA KONSEP KESESUAIAN PEMBELAJARAN DENGAN TINGKAT CAPAIAN DAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK Nama    : Latifah Aida Kelas    : Bahasa 2 LPTK   : Universitas Hamzanwadi 1.       Latar Belakang Pembelajaran berdiferensiasi  diterapkan karena didasarkan pada  keyakinan bahwa setiap anak terlahir dengan keunikannya masing-masing. Mereka membawa kekuatan kodrat alamnya sendiri di mana kita sebagai pendidik harus bisa memberikan kesempatan belajar yang sama sesuai kebutuhannya masing-masing. Tidak semua anak memiliki kesiapan belajar yang sama, tidak semua anak memiliki minat dan bakat yang sama, tidak semua anak memiliki gaya belajar yang sama,dan  tidak semua anak suka berkelompok, ada anak yang suka berbicara, ada yang suka berhitung, siapakah yang suka menulis, atau tidak suka menulis, siapa yang suka olahraga, seni , masak, dll. Pemberian pembelajaran secara  berdiferensiasi merupakan  tantangan yang tidak mudah.  Kita membutuhkan perhatian lebih untuk bisa  me

KONEKSI ANTAR MATERI TOPIK 4 FILOSOFI PENDIDIKAN (PPG Prajabatan angkatan 1)

  KONEKSI ANTAR MATERI TOPIK 4 PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA OLEH : LATIFAH AIDA   Identitas nasional diartikan sebagai ciri atau karakteristik yang melekat pada suatu Negara. Pancasila dikatakan sebagai identitas nasional bangsa Indonesia karena pancasila mengandung nilai-nilai luhur khas bangsa Indonesia. Artinya, dalam setiap butir Pancasila tersebut terdapat nilai kehidupan dan nilai keteraturan hidup yang disebut sebagai norma. Nilai-nilai tersebut dapat berupa nilai kebhinekaan, gotong royong, dan religiusitas. Pancasila sebagai identitas fundamental dikarenakan Pancasila merupakan falsafah bangsa yang menjadi dasar dan ideologi yang membentuk Negara Indonesia. Melihat kenyataan bahwa budaya, bahasa dan keagamaan bangsa Indonesia yang beragam, maka Pancasila menjadi dasar pemersatu dari keberagaman tersebut. Pengamalan nilai-nilai pancasila harus dilakukan pada semua aspek kehidupan, terutama pengajaran kepada anak-anak yang merupakan peserta didik pada li