Langsung ke konten utama

RUANG KOLABORASI Topik 3 Prinsip pengajaran dan Asesmen- PPG Prajabatan angkatan 1 2022

 

HASIL DISKUSI

RUANG KOLABORASI KELOMPOK PPL SMPN 1 SELONG

1.      Komponen Modul Ajar Informasi Umum

  Identitas penulis modul
  Kompetensi awal
  Profil Pelajar Pancasila
  Sarana dan prasarana
  Target peserta didik
  Model pembelajaran yang digunakan
Komponen Inti
 
  Tujuan pembelajaran
 
  Asesmen
  Pemahaman bermakna
  Pertanyaan pemantik
  Kegiatan pembelajaran
  Refleksi peserta didik dan pendidik
Lampiran
 
  Lembar kerja peserta didik
  Pengayaan dan remedial
  Bahan bacaan pendidik dan peserta didik
  Glossarium
   Daftar pustaka


2.      Guru harus menyesuaikan proses pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik dengan tujuan untuk:

a.       Mendapat gambaran yang lengkap tentang kemampuan awal siswa sebagai landasan untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang optimal.

b.      Mengetahui jenis pengalaman yang telah dimiliki oleh siswa sehingga bisa memberikan materi secara tepat lewat contoh atau ilustrasi. Dengan begitu, mereka bisa lebih mudah menerima dan menyerap pengetahuan baru yang diberikan.

c.       Mengetahui latar belakang sosial dan budaya siswa, contohnya tingkat pendidikan orang tua, sosial ekonomi, atau dimensi kehidupan lainnya, agar bisa disesuaikan dengan metode yang efisiens.

d.      Mendapat informasi tentang tingkat pertumbuhan dan perkembangan siswa, baik jasmani maupun rohani, yang berpengaruh terhadap keberhasilan dan cara belajar mereka.

e.       Mengetahui aspirasi dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih tepat.

f.       Mengetahui tingkat penguasaan pengetahuan yang sudah diperoleh siswa sebelumnya.

3.      Terlampir

4.      Modul ajar yang dibuat oleh guru sudah memuat kesesuaian pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik.

5.      Ruang lingkup materi pembelajaran, proses pembelajaran, produk hasil belajar, dan kondisi lingkungan belajar sudah sesuai dengan modul ajar yang direncanakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1

MODUL AJAR
 
Nama Sekolah                    : SMPN 1 Selong
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Materi                                 : Teks Prosedur
Kelas/Semester                   : 7/1 (satu) 
Tahun Peserta didikan         : 2022/2023
Alokasi Waktu                    : 2 x pertemuan (5x 40 menit) 

Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia

Kelas/Semester

7/1 SMP

FASE

D

Elemen

Membaca dan memirsa

Alokasi Waktu

5 x 40 menit (2 kali pertemuan )

Profil Pancasila

1.      Bernalar Kritis: Peserta didik mampu membuktikan penalaran dengan berbagai argumen dalam mengambil suatu simpulan atau keputusan.

2.      Bergotong royong : Peserta didik mampu menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

Model Pembelajaran

Luring/tatap muka

Metode dan Strategi Pembelajaran

Diskusi : berdiskusi dalam kelompok menggali informasi dari teks

 

Mengidentifikasi dan menganalisis : hubungan suatu teks dengan kehidupan sosial


 

Mempresentasikan : jawaban dan hasil karya

Perangkat ajar ini dapat digunakan guru untuk mengajar:

 

 

Peserta didik regular

Tujuan pembelajaran

7.4.1 Peserta didik mengidentifikasikan informasi dari teks prosedur yang dibaca atau didengarkan baik dari buku paket atau internet.

Konsep utama yang akan dipelajari dan pertanyaan Inti

Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan dialog yang logis, kritis dan kreatif.

Peserta didik mampu menggunakan ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi

Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif , kontributif , efektif dan santun.

Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis.

Pertanyaan Inti:

 

1.        Apakah teks prosedur itu? Bagaimana contohnya dalam keseharian?

 

2.        Apakah ciri-ciri teks prosedur?

 

3.        Bagaimana membuat teks prosedur yang baik dan menarik?

Pengetahuan dan /atau keterampilan atau kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik

 

 

 

Mengidentifikasi, Mempresentasikan


Jumlah peserta didik

/ketersediaan materi

Jumlah peserta didik per kelas yang disarankan: maksimum 32 orang Ketersediaan materi:

Pengayaan untuk siswa : YA / TIDAK

Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk siswa yang sulit memahami konsep: YA / TIDAK

Kegiatan Pembelajaran

Persiapan

 

1.      Guru mempersiapkan video pembelajaran untuk ditampilkan.

2.      Guru mempersiapkan lembar kerja untuk peserta didik.

Pertemuan pertama (120 menit)

 

Apersepsi

 

1.      Guru menyapa peserta didik dengan ucapan salam

2.      Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum mengawali kegiatan pembelajaran

3.      Guru mengecek kehadiran dan mengondisikan peserta didik agar siap belajar.

4.      Peserta didik bersama guru mengulas kembali inti materi pembelajaran sebelumnya dan menyampaikan keterkaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, indikator, dan materi yang akan diajarkan.

6.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.

 

Kegiatan Inti

 

1.      Guru memGuru mengajak peserta didik menyaksikan tiga tayangan video.

Video      Cara      Membuat      Mie      Saus      Keju      yang      Yummy (youtube.com/watch?v=5oysB-P6qWU)

Video         Cara          Menggunakan          Masker          yang         Benar (youtube.com/watch?v=0jjZEDppDI0)

Video Tips Mengatasi Rasa Malas (youtube.com/watch? v=2WHX1UDkfHM)

2.      Kelompok peserta didik dibimbing guru mengidentifikasikan informasi dari tiga tayangan prosedur.

3.      Guru    membagikan     lembar     kerja     berikut    tautan    video    untuk


 

mempermudah kelompok peserta didik mengidentifikasi.

4.      Guru memberikan stimulus pertanyaan pemantik dalam kelompok.

a.       Bagian manakah yang menarik dari ketiga tayangan tersebut?

b.      Apa kesamaan informasi dari ketiga tayangan tersebut?

c.       Apa perbedaan informasi dari ketiga tayangan tersebut?

5.      Kelompok peserta didik dipandu guru mengidentifikasikan perbedaan informasi prosedur yang terdapat dalam tiga video.

6.      Kelompok peserta didik dipandu guru menentukan pembagian anggota yang akan presentasi pada pertemuan berikutnya.

 

Kegiatan Penutup

 

1.      Guru mengajak peserta didik berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

2.      Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

 

Persiapan

 

1.      Guru mempersiapkan video pembelajaran untuk ditampilkan.

2.      Guru mempersiapkan lembar kerja untuk peserta didik.

Pertemuan kedua (120 menit)

 

Apersepsi

 

1.      Guru menyapa peserta didik dengan ucapan salam.

2.      Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum mengawali kegiatan pembelajaran

3.      Guru mengecek kehadiran dan mengondisikan peserta didik agar siap belajar.

4.      Peserta didik bersama guru mengulas kembali inti materi pembelajaran sebelumnya dan menyampaikan keterkaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, indikator, dan materi yang akan diajarkan.

6.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok

Kegiatan Inti

 

1.      Guru mengarahkan seorang peserta didik untuk menjadi moderator presentasi.

2.      Kelompok peserta didik mempresentasikan sesuai urutan yang telah disepakati.

3.      Setelah presentasi   selesai,   guru   mendorong   peserta   didik   untuk


 

menyimpulkan    bersama    konsep   informasi    teks    prosedur   melalui pertanyaan pemantik.

a.       Dari hasil presentasi tadi, apakah teks prosedur bisa kita golongkan sebagai teks yang berisi tutorial? Mengapa?

b.      Apakah dalam teks prosedur hanya berisi tips untuk membuat sesuatu?

c.       Dari ketiga tayangan tersebut, manakah yang memiliki informasi yang lengkap? Mengapa?

d.      Apa saja ciri teks prosedur itu?

4. Sebagai referensi kesimpulan, guru dapat menampilkan presentasi tentang fungsi, ciri, dan tujuan teks prosedur. (terlampir)

Kegiatan Penutup

 

1.      Peserta didik bersama guru merefleksikan kesulitan dan manfaat yang didapat dalam pembelajaran.

2.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang didapat.

3.      Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya.

4.      Guru mengajak peserta didik berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

5.      Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam

Refleksi

GURU :

 

1.   Apakah peserta didik kesulitan dalam mengidentifikasi? Bagaimana cara guru mengatasinya agar anak maksimal pada pertemuan berikutnya?

2.   Apakah terdapat peserta didik yang tidak fokus dalam pembelajaran? Bagaimana cara guru mengatasinya agar lebih menarik?

 

 

PESERTA DIDIK

 

1.  Manfaat apa yang kamu dapat dari materi ini?

 

2.   Kesulitan apa yang kamu rasakan selama pembelajaran?

 

3.   Bagaimana    cara    yang    bisa    kamu    lakukan    untuk    meningkatkan kemampuanmu pada pembelajaran berikutnya?


 

REMEDIAL/ PENGAYAAN

 

Apabila kriteria untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran tidak tercapai, maka bagi peserta didik yang belum/tidak memahami dapat diberi kegiatan remedial sebagai berikut:

. tambahan waktu bagi peserta didik yang membutuhkan penjelasan lebih untuk dijelaskan guru, dan;

. penambahan waktu untuk diskusi dan peserta didik diminta untuk presentasi hasil diskusi untuk menyamakan persepsi.

 

Bagi peserta didik yang memiliki bakat dan potensi di atas rata-rata, guru dapat memberikan kepercayaan kepada peserta didik yang berbakat untuk memandu kelompok.

Kriteria untuk mengukur ketercapaian Tujuan Pembelajaran:

 

1.      Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menentukan isi teks prosedur.

2.      Peserta didik mampu menelaah fungsi, ciri, dan tujuan teks prosedur.

3.      Peserta didik mampu mempresentasikan teks prosedur.

Sarana dan Prasarana

Komputer, Jaringan Internet, dan LCD

Materi Ajar , Alat dan Bahan

Belajar mengidentifikasi teks prosedur, Buku BI Kurikulum Merdeka, Video teks prosedur, sumber : You Tube.

Daftar Pustaka

       Rakhma Subarna, dkk. 2021. Bahasa Indonesia Buku Siswa SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan

Teknologi Republik Indonesia.


 



LAMPIRAN

 

 




FORMAT LEMBAR OBSERVASI Modul Ajar/RPP*
 

 

Nama Mahasiswa PPG

: LATIFAH AIDA

NIM

:

Prodi/Bidang Studi

: BAHASA INDONESIA

Penyusun Modul ajar/RPP

: Ratna Indah Puspasari S.Pd

Mata Pelajaran

: BAHASA INDONESIA

Kelas

: 7 B

Capaian Pembelajaran/KD

: Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesui dengan tujuan, konteksional, dan mempresentasikan informasi paparan tentang topic yang beraga dan karya sastra.peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi mempersentasikan dan menanggapi inforasi dari fiksi yang dipaparka. Peserta didikmenulisbeberapa teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya lebih terstruktur dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan mengunakan pengalaman dan penetahuannya. Peserta didik mengembangkan

kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks penguatan karakter.

 

* ) Modul ajar atau RPP yang disusun oleh Guru Pamong.

Prinsip

Aspek Observasi

Catatan

Kelengkapa n komponen minimum

·         Apakah sudah ada tujuan pembelajaran, langkah- langkah pembelajaran, dan asesmen pembelajaran yang jelas?

Sudah ada

Esensial dan bermakna

·         Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran memenuhi kriteria SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time) (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)

 

Tujuan

·         Apakah modul ajar/RPP memuat tujuan pembelajaran yang sesuai  selaras dengan CP yang dituju?

·         Apakah konsep utama yang akan dipelajari, pengetahuan inti, keterampilan, dan sikap yang akan

Sudah ada


 

dipelajari tertera secara jelas?

·         Apakah konten yang dipelajari sudah bebas dari muatan SARA pornografi, pornoaksi, dan provokasi.

·         Apakah terdapat pertanyaan bermakna dan pertanyaan pemantik yang menyasar konsep inti?

 

Kegiatan

·         Apakah alur kegiatan disusun secara runtut, sistematis, sesuai dengan alokasi waktu?

·         Apakah rangkaian kegiatan berorientasi pada penguatan kompetensi dan kemampuan berpikir area tinggi?

·         Apakah modul ajar/RPP menyertakan berbagai kegiatan (termasuk remedial dan pengayaan) yang berpusat pada siswa/ menjadikan siswa peserta aktif?

 

Asesmen

·         Apakah ada asesmen awal pembelajaran beserta cara penilaiannya untuk mengecek kesiapan siswa?

·         Apakah asesmen yang termuat secara jelas mengukur ketercapaian Tujuan Pembelajaran?

·         Apakah bentuk asesmen memberikan umpan balik pada proses belajar siswa?

·         Apakah kriteria untuk mengukur ketercapaian Tujuan Pembelajaran tertera secara jelas?

 

 

Sudah ada

 

 

 

Sudah ada Sudah ada

 

Sudah ada

 

 

Sudah ada

 

 

 

 

 

Sudah ada

 

 

Sudah ada

Berkesinam

- bungan

·         Apakah urutan pembelajaran sistematis dan logis?

·         Apakah terdapat pertanyaan kunci yang membantu guru dan siswa untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran di kelas?

·         Apakah asesmen yang tertera di modul ajar/RPP selaras dengan kegiatan pembelajaran?

Sudah ada

 

Sudah ada Sudah ada

Kontekstual

·         Apakah modul ajar/RPP memuat alternatif kegiatan untuk diimplementasikan pada lingkungan sekolah yang berbeda?

·         Apakah modul ajar/RPP dapat mengakomodir siswa dengan kebutuhan yang berbeda?

·         Apakah modul ajar/RPP memuat kearifan lokal daerah setempat?

Belum Sudah ada

 

Sudah ada


Sederhana

·         Apakah modul ajar/RPP menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami?

·         Apakah bahasa/istilah yang digunakan mudah dipahami?

Sudah ada Sudah ada

Komponen pendukung

·         Apakah pemilihan sumber/media pembelajaran sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik?

·         Apakah ada kegiatan remedial atau pengayaan?

                        Apakah ada daftar pustaka?

Sudah ada

Sudah ada Sudah ada

Kesimpulan :

 


Selong, 28 Oktober

2022

Dosen Pembimbing Lapangan                                                                        Guru

Pamong

 

 

 

 

Dr.Padlulrrahman,M.Pd NIDN:0821077301

 

Suhardi, S.Pd.

NIP: 196412311984121028

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rancangan Aksi Nyata Topik 3 Asesmen - PPG Prajabatan

RANCANGAN AKSI NYATA KONSEP KESESUAIAN PEMBELAJARAN DENGAN TINGKAT CAPAIAN DAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK Nama    : Latifah Aida Kelas    : Bahasa 2 LPTK   : Universitas Hamzanwadi 1.       Latar Belakang Pembelajaran berdiferensiasi  diterapkan karena didasarkan pada  keyakinan bahwa setiap anak terlahir dengan keunikannya masing-masing. Mereka membawa kekuatan kodrat alamnya sendiri di mana kita sebagai pendidik harus bisa memberikan kesempatan belajar yang sama sesuai kebutuhannya masing-masing. Tidak semua anak memiliki kesiapan belajar yang sama, tidak semua anak memiliki minat dan bakat yang sama, tidak semua anak memiliki gaya belajar yang sama,dan  tidak semua anak suka berkelompok, ada anak yang suka berbicara, ada yang suka berhitung, siapakah yang suka menulis, atau tidak suka menulis, siapa yang suka olahraga, seni , masak, dll. Pemberian pembelajaran secara  berdiferensiasi merupakan  tantangan yang tidak mudah.  Kita membutuhkan perhatian lebih untuk bisa  me

KONEKSI ANTAR MATERI TOPIK 4 FILOSOFI PENDIDIKAN (PPG Prajabatan angkatan 1)

  KONEKSI ANTAR MATERI TOPIK 4 PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA OLEH : LATIFAH AIDA   Identitas nasional diartikan sebagai ciri atau karakteristik yang melekat pada suatu Negara. Pancasila dikatakan sebagai identitas nasional bangsa Indonesia karena pancasila mengandung nilai-nilai luhur khas bangsa Indonesia. Artinya, dalam setiap butir Pancasila tersebut terdapat nilai kehidupan dan nilai keteraturan hidup yang disebut sebagai norma. Nilai-nilai tersebut dapat berupa nilai kebhinekaan, gotong royong, dan religiusitas. Pancasila sebagai identitas fundamental dikarenakan Pancasila merupakan falsafah bangsa yang menjadi dasar dan ideologi yang membentuk Negara Indonesia. Melihat kenyataan bahwa budaya, bahasa dan keagamaan bangsa Indonesia yang beragam, maka Pancasila menjadi dasar pemersatu dari keberagaman tersebut. Pengamalan nilai-nilai pancasila harus dilakukan pada semua aspek kehidupan, terutama pengajaran kepada anak-anak yang merupakan peserta didik pada li