RUANG KOLABORASI TOPIK 4
- Apa yg dimaksud dengan teaching
at the right level?
Teaching at the right level adalah proses intervensi
yang harus dilakukan guru dengan memberikan masukan pembelajaran yang relevan
dan spesifik untuk menjembatani perbedaan yang ditemukan. Peserta didik tidak
terikat pada tingkatan kelas, namun di sesuaikan berdasarkan kemampuan peserta
didik yang sama. Setiap fase, ataupun tingkatan tersebut mempunyai capaian
pembelajaran yang harus dicapai. Proses pembelajaran peserta didik akan disusun
mengacu pada capaian pembelajaran tersebut, namun disesuaikan dengan
karakteristik, potensi, kebutuhan peserta didiknya
- Mengapa capaian pembelajaran
dirumuskan per fase?
Penyusunan CP per fase ini juga memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian (Teaching
at the Right Level), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar mereka. Hal ini
karena CP disusun dengan memperhatikan fase-fase perkembangan anak. Selain itu, penyusunan CP per fase berguna bagi guru dan satuan pendidikan.
Guru dan satuan pendidikan dapat memperoleh keleluasaan dalam menyesuaikan
pembelajaran sehingga selaras dengan kondisi dan karakteristik peserta didik.
3. Apa yang anda pahami capaian pembelajaran?
Capaian pembelajaran adalah suatu keterampilan,
pengetahuan, atau kemampuan yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat
dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan satu periode belajar.
Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang
disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.
- Mengapa perlu capaian
pembelajaran?
Perlunya capaian pembelajaran karena capaian
pembelajaran merupakan komponen penentu kompetensi yang harus dicapai murid
dalam pembelajaran, Gambaran terkait kompetensi yang perlu dicapai pada setiap
fase perkembangan kemampua, dan Sebagai bahan dasar untuk menyusun tujuan
pembelajaran.
- Apa yang dimaksud menyesuaikan
pembelajaran dengan situasi dan lingkungan belajar yang ada?
Maksud dari menyesuaikan pembelajaran dengan situasi
dan lingkungan belajar yang ada adalah bahwa perilaku individu memiliki
keterkaitan dengan lingkungan dimana ia berada. Oleh karena itu, materi yang
diajarkan hendaknya memiliki keterkaitan
dengan situasi dan kondisi lingkungan kehidupan peserta didik
- Apa itu capaian pembelajaran
setiap fase?
Capaian pembelajaran setiap fase memuat kompetensi
murid yang ingin dicapai di akhir fase tersebut. misalnya capaian pembelajaran
fase A akan berakhir pada kelas 2 SD sehingga Murid memiliki waktu 2 tahun
untuk menguasai kompetensi yang ada dalam capaian pembelajaran di fase tersebut
- Bagaimana cara membuat capaian
pembelajaran?
Capaian Pembelajaran (CP) di Kurikulum Merdeka disusun
melalui metode yang berbeda, di mana pemahaman, sikap atau disposisi terhadap
pembelajaran dan pengembangan karakter, serta keterampilan yang terobservasi
atau terukur ditulis sebagai suatu rangkaian.
- Bagaimana cara menggunakan
capaian pembelajaran dengan prinsip pembelajaran?
Cara menggunakan capaian pembelajaran dengan prinsip pembelajaran adalah:
a. Menciptakan
lingkungan yang telah penuh dengan perhatian, terbuka, saling peduli, dan
tentunya nyaman untuk pembelajaran.
b. Menumbuhkan
sebuah hubungan yang dinilai positif dan juga konsisten dengan anak-anak yang
lain dan juga orang dewasa dengan jumlah yang telah terbatas.
c. Menciptakan
kebiasaan untuk dapat saling menghargai pada ruang kelas sehingga anak-anak
juga dapat belajar untuk saling memahami dan juga menghormati perbedaan yang
telah ada serta dapat mampu untuk menghargai kelebihan yang dimiliki oleh orang
lain.
d. Memberikan
kesempatan untuk anak agar dapat bermain bersama serta dapat mengerjakan
berbagai tugas di dalam kelompok kecil, berbicara dengan orang dewasa ataupun
teman-temannya.
e. Menyiapkan
lingkungan belajar yang memiliki tempat agar dapat beraktivitas dan juga
bergerak dengan leluasa serta menyediakan tempat beristirahat.
f. Memberikan
anak keleluasan untuk dapat belajar dengan menggunakan berbagai macam cara
namun tetap sediakan pula kegiatan yang rutin dan telah terjadwal.
g. Menggunakan
metode mengajar yang dinilai tepat.
h. Menciptakan
lingkungan yang tanggap mengenai kebutuhan dari anak serta merangsang
kecerdasan anak.
i.
Menggabungkan berbagai macam pengalaman,
strategi, material, serta menyusun kurikulum dan telah disesuaikan dengan
pengalaman yang telah dimiliki.
Komentar
Posting Komentar